Helmy Yahya Bantah Tayangkan Discovery Channel Terus saat Banjir

LIGAPEDIA – Dewan Pengawas (Dewas) TVRI mengungkapkan pihaknya diprotes publik karena TVRI menayangkan Discovery Channel pada saat Jakarta dan wilayah lainnya kebanjiran awal bulan ini. Dewas menyampaikan Direksi yang dipimpin Helmy Yahya tetap melanjutkan tayangkan Discovery Channel tanpa menghiraukan banjir. Kini Helmy membantah kebenaran pernyataan Dewas itu.

“Oh nggak benar. Kami yang paling banyak menayangkan (soal) banjir,” kata Helmy Yahya kepada wartawan, Rabu (22/1/2020). Helmy telah dicopot Dewas dari jabatan Direktur Utama TVRI.

Sebagaimana diketahui, banyak wilayah di Indonesia kebanjiran pada suasana tahun baru 2020. Direktur Program dan Berita TVRI Apni Jaya Putra juga membantah keterangan Dewas TVRI bahwa saat itu TVRI tidak menayangkan berita tentang banjir.

“Itu Dewas ngaco, bohongnya minta ampun, saya sedih banget,” kata Apni Jaya putra.

Apni menjelaskan, tayangan Discovery Channel hanya satu jam. Di luar itu, breaking news mengenai banjir tetap ada. Selain itu, ada tayangan lain seperti informasi acara tahun baru di tempat wisata.

“Tanggal 1 Januari itu ada breaking news soal banjir, pagi ada breaking news, jam 11 siang ada breaking news. Bahkan di hari kedua, saya breaking news 18 jam,” kata Apni.

Sebelumnya, Ketua Dewas TVRI Arief Hidayat Thamrin mengungkapkan adanya keluhan dari masyarakat terkait penayangan program TVRI. Salah satu keluhan masyarakat adalah ketika ada bencana banjir, TVRI justru menayangkan program Discovery Channel.

“Sempat ketika ada banjir, kami sedang menayangkan Discovery Channel, ini kami dapat protes dari publik, ‘Kok banjir-banjir, Discovery Channel-nya tayang terus, nggak peduli banjir.’ Ini sangat miris, kami sudah tegur, ternyata direksi melanjutkan,” kata Arief saat rapat dengan pendapat dengan Komisi I, di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (21/1).

SUMBER : Detik.com