Ayo Rek! Jajan Lontong Balap Surabaya yang Enak di Sini

LIGAPEDIA – Tempat makan lontong balap ini sayang dilewatkan jika kamu di Surabaya. Ada paduan lontong, tahu, lentho, dan kuah kaldu yang gurih.

Surabaya menawarkan banyak kuliner khas yang rasanya enak. Kalau ingin sajian berkuah dan mengenyangkan, lontong balap wajib dicoba. Kuliner ini konon sudah ada sejak tahun 1913. Berupa irisan lontong dengan topping tahun, remasan lentho, dan kecambah setengah matang.

Lontong balap lalu disirami kuah kaldu gurih. Makin enak ditambahkan sambal dan sate kerang. Nah, kalau mau menjajal lontong balap di tempat asalnya, berikut 5 tempat makan lontong balap enak di Surabaya.

1. Lontong Balap Pak Gendut

Ayo Rek! Jajan Lontong Balap Surabaya yang Enak di Sini

Menyebut lontong balap enak, banyak orang menjagokan racikan Pak Gendut di Jalan Kranggan. Sudah ada sejak 1958, lontong balap di sini tergolong legendaris dan jadi favorit banyak orang.

Perpaduan lontong, lentho, kecambah, sampai kuahnya terasa gurih nikmat. Pak Gendut juga tawarkan sate kerang sebagai pendamping yang pas. Harga per porsinya sekitar Rp 22.000.

Lontong Balap Pak Gendut
Jl. Kranggan No.60, Sawahan, Kec. Sawahan
Surabaya, Jawa Timur
Telepon: 0821-3111-5205
Jam Buka: 09.00 – 21.00

2. Lontong Balap Rajawali

Ayo Rek! Jajan Lontong Balap Surabaya yang Enak di Sini

Menyusuri Jalan Krembangan, mampirlah ke Lontong Balap Rajawali. Tiap porsinya dibanderol Rp 15.000 dengan isian potongan tahu goreng, tauge, sambal petis, lentho, dan pelengkap kecap.

Lontong Balap Rajawali tak kalah legendaris karena sudah ada sejak 1956. Santap di sini sebaiknya jangan lewatkan seporsi sate kerang berisi 10 tusuk yang harganya juga sekitar Rp 15.000.

Lontong Balap Rajawali
Jl. Krembangan No, 32, depan SPBU Rajawali
Jam Buka: 06.00 – 16.30

3. Lontong Balap Cak No

Ayo Rek! Jajan Lontong Balap Surabaya yang Enak di Sini

Tempat makan lontong balap selanjutnya terkenal dengan harga murah meriah. Cak No menawarkan harga sekitar Rp 10.000. Tiap hari ia bisa meracik sekitar 350 porsi lontong balap.

Ada irisan lontong, tahu, tauge, tauci, dan lentho yang jadi satu dalam seporsi lontong balap di sini. Untuk kuahnya memakai kaldu udang. Cak No juga sediakan sate kerang dan sambal yang nikmat.

Lontong Balap Cak No
Jl Bromo No. 7, Kecamatan Sawahan, di sebelah SPBU Arjuno
Jam Buka: 07.00 – 12.00 atau sampai habis

4. Lontong Balap Pak Dul

Ayo Rek! Jajan Lontong Balap Surabaya yang Enak di Sini

Tak cukup merogoh kocek banyak saat mampir ke lontong balap Pak Dul yang terkenal murah ini. Harga per porsinya Rp 8.000, namun cita rasanya banyak dijagokan orang.

Kecambah yang segar menambah kenikmatan lontong balap di sini. Bisa juga ekstra lentho dan sate kerang seharga Rp 1.000 per tusuk. Untuk membilas dahaga, Pak Dul sediakan es degan yang menyegarkan.

Lontong Balap Pak Dul/Erwanto
Villa Bukit Mas, Surabaya
Di depan JK Lensa
Jam Buka: 08.00 – 14.00

5. Lontong Balap Mbah Ato (Papua)

Ayo Rek! Jajan Lontong Balap Surabaya yang Enak di Sini

Tempat makan lontong balap ini buka malam hari sehingga bisa jadi tujuan usai kerja. Mbah Ato menyajikan lontong balap murah dengan rasa nikmat. Tak heran warungnya kerap ramai pembeli.

Lontong Balap Mbah Ato juga menawarkan sate kerang dan kerupuk sebagai pelengkap. Lokasinya mudah ditemui, di depan SMKN 2 Surabaya.

Lontong Balap Mbah Ato (Papua)
Jl. Patua Surabaya
Di depan SMKN 2 Surabaya

SUMBER : Detik.com