Viral Masak Mi Instan Bareng Bungkusnya, Logo PP 5 Tak Berarti Aman Direbus!

LIGAPEDIA – Dalam sebuah video viral, seorang tukang bakso merebus mi instan sekaligus bareng bungkusnya. Sebagian orang menganggapnya tak masalah karena ada logo ‘PP 5’, yang berarti polypropylene atau jenis plastik yang tahan pemanasan.

Namun apakah berarti boleh memasak mi instan sekaligus bareng bungkusnya?

Ahli kimia dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Andreas, mengatakan plastik berlogo PP 5 memang tahan panas, tetapi tetap saja memiliki batasan.

“Panas kan itu ada batasannya ya. Rentangnya itu dari berapa sampai berapa? Karena pasti ada rentangnya,” kata Andreas kepada detikcom, Rabu (15/1/2020).

Kalau plastiknya mungkin tahan panas, tapi zat toksiknya tetap bermigrasi.

Bahan dasar plastik polypropylene dikatakan tahan panas karena akan melunak pada suhu 140 derajat celcius. Menurut Andreas, zat berbahaya yang terkandung di dalam plastik akan tetap larut di dalam air rebusan meskipun plastik belum terlihat rusak.

“Hampir bisa dipastikan bahwa zat toksik yang ada di dalam plastik itu akan lebih cepat masuk ke dalam air, seiring dengan tingginya suhu,” ucap Andreas.

“Kalau plastiknya mungkin tahan panas, tapi zat toksiknya tetap bermigrasi,” lanjutnya.

Sama halnya dengan bungkus mi instan, beberapa produk wadah makanan pun memiliki logo 5 PP. Andreas mengatakan, terdapat banyak tipe plastik meskipun berbahan dasar sama yaitu polypropylene.

“Walaupun sama-sama 5 PP, tapi komponen komponen aditifnya (zat tambahan) itu berbeda-beda. Karena harganya pun berbeda. Berbeda dalam hal ini adalah zat aditif yang ditambahkan. Zat aditif dari setiap plastik pasti berbeda,” jelasnya.

Menurutnya, phthalate atau zat fleksibilitas plastik yang paling sering digunakan karena harganya murah adalah golongan dioctyl phthalate. Sebab jenis ini akan lebih mudah larut pada suhu tinggi.

“Karena mungkin kecepatan migrasinya juga berbeda, kemudian toksisitasnya juga berbeda,” pungkasnya.

SUMBER : Detik.com