Lisa BLACKPINK dan 3 Artis Kpop yang Pernah Jadi Korban Pelecehan Seksual

LIGAPEDIA – Artis Kpop dan selebriti di berbagai belahan dunia lainnya sering kali menjadi objek seksual, khususnya di dunia maya. Pelecehan seksual terhadap artis ternama belum lama ini dialami Lisa BLACKPINK.

Rapper berusia 22 tahun ini berbagi foto Instagram pemotretan di MQQN Cafe Bangkok. Segera setelah itu, pemilik cafe yang dikunjungi Lisa untuk sesi pemotretan tersebut, kedapatan mencoba menjual barang-barang yang digunakan Lisa saat pemotretan.

Dia menawarkan gelas, sisa makanan, sendok, pisau hingga sofa yang pernah dipakai Lisa. Peminatnya pun tak segan-segan menawar dengan harga tinggi hingga Rp 46 jutaan.

Tindakan sang pemilik kafe langsung diserbu kritik. Netizen menganggap itu tak lebih dari perilaku pelecehan seksual terhadap Lisa. Mereka pun jijik karena secara tidak langsung pemilik kafe tersebut telah melakukan objektifikasi perempuan.

Selain Lisa BLACKPINK, tiga artis Kpop ini juga jadi korban pelecehan seksual. Ada yang bentuknya secara frontal maupun melalui internet.

1. Goo Hara

Sebelum ditemukan bunuh diri pada awal Desember 2019, Goo Hara terlibat masalah hukum dengan mantan kekasihnya Choi Jong-bum. Kematian mantan member KARA itu disebut sebagai sebagai sebuah tragedi terkait ‘rape culture’ atau budaya perkosaan di Korea Selatan.

Media Korea Selatan melaporkan bahwa Choi Jong Bum tidak hanya mencoba memerasnya dengan menyebarkan video intim mereka setelah putus. Namun dikatakan pria tersebut juga diduga melakukan kekerasan dan pelecehan seksual.

“Diketahui bahwa dia pernah mencoba bunuh diri pada Maret 2019 setelah mantan kekasihnya mencoba melakukan pemerasan dengan ancaman kekerasan dan menyebarkan video seks,” seperti dilaporkan NBC.

2. Yoo So Young

Mantan personel girlband After Shcool, Yoo So Young, terang-terangan mengaku kalau dia korban pelecehan seksual ketika tampil di sebuah program TV. Kala itu program tersebut memang sedang membicarakan tentang kekerasan seksual di Korea Selatan.

Seperti dikutip dari Cleo, Yoo So Young menceritakan tentang insiden ketika dia ikut kelas akting, dengan salah satu aktor senior sebagai pelatihnya. So Young mengungkapkan kalau selama latihan sang aktor memintanya mengangkat baju atasan hingga bra-nya tersekspos. Dia juga menyuruh So Young berdiri mendekat dengan pria lain yang ada di sesi latihan akting itu.

Saat So Young bertanya kenapa dia harus melakukannya, aktor tersebut menjawab, “Kamu tidak perlu malu untuk belajar. Tidak ada pembedaan antara pria dan wanita. Orang lain juga melakukannya. Memang siapa kamu sampai menolaknya?”

Pada akhirnya So Young menolak memenuhi permintaan aktor itu dan akhirnya dia diusir dari kelas. Penyanyi dan aktris ini pun menangis dan mengadu pada agensinya namun tidak ada tindak lanjut.

3. Jang Ja Yeon

Bintang serial drakor ‘Boys Before Flowers’ ini meninggal bunuh diri pada 2009 silam. Sebelum merenggut nyawanya sendiri, Jang Ja Yeon meninggalkan surat berisi pengakuan tentang pelecehan seksual yang ia alami semasa hidupnya.

Melalui surat tersebut, Jang Ja Yeon mengaku telah dipaksa untuk melakukan jasa seksual terhadap sejumlah orang penting di industri hiburan oleh agensi The Contents Entertainment yang menaunginya kala itu. Selain itu Jang Ja Yeon juga mengungkap 31 nama petinggi dunia hiburan yang terlibat dalam kasus pelecehan seksual terhadap dirinya.

Melalui gerakan #MeToo, berbagai organisasi yang memperjuangkan hak wanita meminta agar kasus bunuh diri Jang Ja Yeon dibuka dan diselidiki kembali dengan membuat petisi yang ditanda tangani 200.000 orang. Akhirnya pada 2018, aktris Yoon Ji Oh yang merupakan teman lama dari mendiang Jang Ja Yeon muncul sebagai saksi atas kasus pelecehan seksual yang dialami temannya itu.

SUMBER : Detik.com