Film Ashfall Gaet 2 Juta Penonton di Akhir Pekan Pertama

Jakarta, CNN Indonesia — Film Korea Selatan terbaru, Ashfall, berhasil memulai pertarungan box office dengan angka yang baik. Film ini berhasil menjual 2 juta tiket hanya di akhir pekan pertamanya.

Capaian Ashfall ini diberitakan News1 via Naver hampir mengikuti jejak box office Along With the Gods: The Two Worlds dan Extreme Job.

Berdasarkan data Dewan Perfilman Korea, film Ashfall dibuka dengan 450 ribu pada hari perilisan, yaitu 19 Desember. Pada hari kedua perilisan, film ini mendulang 424 ribu penonton.

Namun pada 21 Desember, penjualan harian tiket melonjak menjadi dua kali lipat atau sekitar 798 ribu penonton di hari itu sehingga total tiket terjual menjadi 1,6 juta.

Dengan capaian dua juta penonton pada Minggu (22/12), setidaknya sebanyak 400 ribu lebih tiket Ashfall terjual pada hari penutupan akhir pekan pertama.

Ashfall mengisahkan peristiwa letusan vulkanik Gunung Baekdu di era modern. Letusan ini mengakibatkan kekacauan karena khawatir akan melenyapkan Semenanjung Korea.

Sebuah tim pun ditugaskan untuk menghentikan letusan bagi gunung ‘suci’ masyarakat Korea itu.

Gunung Baekdu merupakan salah satu gunung vulkano aktif di perbatasan China dan Korea Utara. Gunung tertinggi di Semenanjung Korea ini memiliki peran penting dalam kebudayaan masyarakat di sana.

Masyarakat Korea percaya bahwa danau kaldera di Gunung Baekdu merupakan rumah spiritual mereka. Kaldera itu sendiri tercipta dari letusan hebat yang diduga terjadi pada 946 Masehi dan menyebabkan perubahan iklim di Manchuria.

Film Ashfall digarap oleh sutradara Lee Hae-jun dan Kim Byung-seo serta menggandeng sejumlah aktor kenamaan seperti Ma Dong-seok alias Don Lee, Ha Jung-woo, Lee Byung-hun, Bae Suzy, dan Jeo Hye-jin.

Setelah rilis pada 19 Desember di Korea, Ashfall dijadwalkan rilis di Indonesia pada Januari 2020.

sumber : cnnindonesia.com