Apple Mau Bikin Satelit Sendiri, buat Apa?

LIGAPEDIA – Apple dikabarkan sedang mengembangkan teknologi satelitnya sendiri. Teknologi ini dikembangkan untuk ‘menembakkan’ internet langsung ke iPhone dan perangkat lainnya, tanpa melewati jaringan wireless biasa.
Dilansir detikINET dari Bloomberg, Minggu (22/12/2019) perusahaan yang bermarkas di Cupertino ini telah mempekerjakan belasan orang dari industri penerbangan, satelit dan desain antena untuk mengembangkan proyek tersebut.

Proyek ini masih dalam tahap awal pengembangan, dan berpotensi untuk dibubarkan kapan saja. Tapi, CEO Apple Tim Cook kabarnya sangat tertarik dengan proyek ini, dan mengindikasikan bahwa proyek ini merupakan prioritas perusahaan.
Hasil dari proyek satelit ini akan diterapkan dalam lima tahun ke depan. Saat ini, tujuan dikembangkannya satelit ini belum difinalisasi. Tapi sumber internal Apple memberikan beberapa petunjuk.
Teknologi satelit Apple ini disebut-sebut akan memungkinkan iPhone dan perangkat lainnya untuk terhubung dengan internet tanpa bantuan operator telekomunikasi.
Tidak hanya itu, Apple juga disebut ingin mengembangkan satelit ini untuk pelacakan lokasi yang lebih presisi, sehingga bisa mengembangkan aplikasi peta yang lebih canggih.

Belum diketahui apakah Apple akan menggunakan satelitnya sendiri untuk meluncurkan teknologi wireless ini, atau apakah mereka akan menggunakan satelit buatan perusahaan lain.
Jika laporan ini benar adanya, Apple akan mengikuti jejak SpaceX dan Amazon yang berniat meluncurkan jaringan satelit untuk menembakkan internet dari orbit. SpaceX sendiri memiliki proyek bernama Starlink yang direncanakan meluncurkan 12.000 satelit internet ke orbit.

SUMBER : Detik.com