Tembaki Polisi, Seorang Pria Ditahan di Hong Kong

LIGAPEDIA – Seorang pria ditahan setelah melepas tembakan ke arah polisi Hong Kong. Insiden ini terjadi saat Kepolisian Hong Kong sedang menggelar operasi penangkapan.

Seperti dilansir Channel News Asia dan AFP, Sabtu (21/12/2019), operasi penangkapan itu digelar di dekat Kompleks Komersial Tsui Ping di Tai Po, New Territories, pada Jumat (20/12) malam waktu setempat. Seorang pria tiba-tiba melepas tembakan ke personel kepolisian yang menjalankan operasi tersebut.

Tembakan itu tidak mengenai siapapun dan pria tersebut berhasil diamankan. Disebutkan bahwa pria berusia 19 tahun, yang identitasnya tidak disebut lebih lanjut, menggunakan sebuah pistol semi-otomatis dalam penembakan tersebut.

“Satu orang telah diamankan dan sebuah objek seperti pistol telah disita,” demikian pernyataan Kepolisian Hong Kong via Facebook.

Lokasi insiden sempat ditutup sementara. Polisi juga mengimbau warga untuk tidak mendatangi kawan itu kecuali sangat mendesak.

Motif penembakan ini belum diketahui secara jelas. Kepolisian tidak menyebut rinci ada-tidaknya kaitan insiden ini dengan unjuk rasa antipemerintah yang terus berlanjut di Hong Kong.

Video yang beredar secara online menunjukkan seorang pria sedang memegang objek yang tampak seperti pistol dan dikeliling sekelompok orang. Satu orang lainnya terlihat tergeletak dalam posisi telungkup di lantai.

Hong Kong dilanda unjuk rasa besar-besaran yang menuntut reformasi demokrasi dalam enam bulan terakhir. Unjuk rasa ini memicu krisis politik terburuk dalam beberapa dekade terakhir bagi Hong Kong yang berstatus semi-otonomi tersebut.

Pada Jumat (20/12) waktu setempat, ratusan demonstran berkumpul di luar pusat tahanan setempat. Mereka menuntut pembebasan para aktivis yang ditangkap dan mengecam aksi polisi yang menindak platform penggalangan dana untuk mendukung para demonstran yang ditahan dan diadili.

SUMBER : Detik.com