Berapa Banyak Telur yang Aman Dikonsumsi Perhari?

LIGAPEDIA – Telur sering dianggap buruk untuk dikonsumsi bagi tubuh, karena kuning telur tinggi kolesterol. Beberapa orang menghindari konsumsi telur karena takut terkena kolesterol. Namun, sebenarnya berapa banyak telur yang aman dikonsumsi per hari?

Mengutip fatherly, selama beberapa dekade orang disarankan untuk membatasi konsumsi telur, atau setidaknya kuning telur. Telur berukuran sedang tunggal mengandung 186 mg kolesterol, yang merupakan 62 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Sebaliknya, putih telur adalah sebagian besar protein dan rendah kolesterol.

Rekomendasi umum mengonsumsi telur maksimal sebanyak tiga telur. Namun, bila mengonsumsi lebih dari tiga telur dapat berdampak negatif bagi kesehatan.

Salah satu studi kasus melibatkan seorang pria berusia 88 tahun yang mengonsumsi 25 butir telur per hari. Dia memiliki kadar kolesterol normal dan kesehatannya sangat baik.

Tentu saja, cara seseorang merespons konsumsi telur ekstrem ini tak dapat diterapkan ke semua orang. Hal penting yang harus diingat tak semua telur sama. Sebagian besar telur di supermarket berasal dari ayam yang dipelihara di pabrik, dan diberi pakan berbasis biji-bijian.

Telur tersehat adalah telur yang diperkaya omega 3 atau telur dari ayam betina yang dibesarkan di padang rumput. Telur-telur ini jauh lebih tinggi dalam omega 3 dan vitamin-vitamin penting yang larut dalam lemak.

Secara keseluruhan, konsumsi telur benar-benar aman, bahkan hingga 3 telur utuh per hari. Mengingat kisaran nutrisi dan manfaat kesehatannya yang kuat.

SUMBER : Detik.com