Patrice Motsepe, Orang Kaya Pertama dari Afrika Selatan

LIGAPEDIA – Forbes merilis nama orang kaya baru dari Afrika Selatan, yakni Patrice Motsepe. Ia sekaligus menjadi orang Afrika pertama yang masuk daftar konglomerat dunia dengan kekayaan bersih mencapai US$2,2 miliar atau sekitar Rp30,8 triliun (kurs Rp14.000 per dolar AS).

Mengutip Forbes, pundi-pundi Motsepe gemuk dari bisnis pertambangan miliknya. Ia menjadi pendiri sekaligus CEO Rainbow Minerals, perusahaan tambang emas, logam besi, dan platina.

Pria kelahiran 28 Januari 1962 tersebut juga duduk di sejumlah kursi dewan perusahaan, termasuk ketua non eksekutif Harmony Gold, perusahaan tambang emas terbesar ke-12 di dunia.

Tidak hanya pertambangan, Motsepe turut melebarkan sayap bisnisnya ke perusahaan jasa keuangan melalui kepemilikan saham di Sanlam, termasuk memiliki klub sepakbola Mamelodi Sundowns.

Sebelum menjadi pengusaha seperti sekarang, pada 1994 silam, ayah dari tiga orang anak itu sempat menjadi mitra kulit hitam pertama di firma hukum Bowman Gilfillan di kota kelahirannya di Johannesburg.

Darisana, ia mulai mencicipi bisnis kontraktor pertambangan. Tiga tahun setelahnya, ia memutuskan untuk membeli poros tambang emas berproduksi rendah. Lalu, mengubahnya menjadi bisnis yang menguntungkan seperti sekarang.

Karena jerih payahnya tersebut, Motsepe dinobatkan sebagai orang kaya dunia nomor 962 dan nomor 8 di daftar taipan Afrika.

SUMBER : Detik.com