7 Buah untuk Bantu Meredakan Batuk, Mudah Didapat di Rumah!

LIGAPEDIA – Batuk merupakan sakit yang menyebalkan karena akan disertai gejala flu dan rasa pusing. Kondisi seperti ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Ada 2 jenis batuk yang sering dialami banyak orang yakni batuk kering dan batuk berdahak. Obat batuk tidak hanya meminum obat yang berbahan kimia, buah-buahan bisa menjadi salah satu pilihan untuk membantu meredakan batuk.

Berikut 7 Buah untuk Meredakan Batuk:

1. Lemon

7 Buah untuk Bantu Meredakan Batuk, Mudah Didapat di Rumah!
7 Buah untuk Bantu Meredakan Batuk, Mudah Didapat di Rumah!/Foto: iStock

Lemon dapat menjadi obat alami untuk batuk. Bukan hanya batuk saja, kandungan vitamin C yang tinggi bisa mengatasi gejala flu yang menyertai seperti pilek, sakit kepala, dan hidung tersumbat. Lemon juga bisa mengobati infeksi di tenggorokan akibat batuk yang berkepanjangan.

2. Nanas

Kandungan enzim bromelain dalam nanas bisa mengurangi lendir di tenggorokan dan menghilangkan iritasi di saluran pernapasan.

3. Pisang

Kandungan vitamin B6 dalam pisang dapat menyembuhkan batuk dan flu. Pisang dapat dibuat menjadi ramuan yang terdiri dari pisang, madu, dan air.

Caranya haluskan 2 buah pisang dengan 400 ml air hangat, aduk rata kemudian tambahkan madu. Ramuan obat batu siap diminum.

4. Kiwi

7 Buah untuk Bantu Meredakan Batuk, Mudah Didapat di Rumah!
7 Buah untuk Bantu Meredakan Batuk, Mudah Didapat di Rumah!/Foto: thinkstock

Buah kiwi memiliki kandungan actinidain dan vitamin C yang dapat memerangi virus dan bakteri penyebab batuk.

5. Jambu Biji

Jambu biji yang mudah ditemukan ternyata mengandung vitamin C dan zat besi yang ampuh untuk mencegah dan meredakan batuk.

6. Pepaya

Kandungan B9 dan folat dalam pepaya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sistem imun. Sehingga baik dikonsumsi pada saat proses penyembuhan batuk.

7. Alpukat

Alpukat mengandung vitamin dan gizi yang banyak, sehingga bagus dikonsumsi agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Itulah beberapa buah yang dapat membantu meredakan batuk, mulai dari batuk kering hingga batuk yang menyebabkan tenggorokan gatal. Buah-buahan itu mudah didapat di rumah.

SUMBER : Detik.com