Ma’ruf Amin: Reuni 212 yang Asli Sudah Selesai

Jakarta, CNN Indonesia — Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyatakan aksi reuni 212 yang bakal digelar Persaudaraan Alumni 212 pada 2 Desember mendatang tak lagi diikuti oleh kelompok 212 yang asli. Menurut Ma’ruf, aksi 212 yang awalnya digagas oleh Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) sebenarnya telah selesai.

“Yang ini bentukan baru, kalau yang asli kan sudah selesai. Untuk GNPF-MUI sudah dibubarkan semua, tugasnya 212 sudah selesai, nah itu kemudian muncul baru lagi,” ujar Ma’ruf di kantor wakil presiden, Jakarta, Selasa (28/11).

Ma’ruf sendiri mengaku tak pernah diundang ke aksi reuni yang digelar tiap tahun itu. Ia hanya diundang sekali dalam aksi reuni 212 pertama kali pada tahun 2016.

Kendati demikian, Ma’ruf tak melarang PA 212 menggelar reuni. Hanya saja ia mengingatkan agar aksi itu tak sampai menimbulkan kegaduhan hingga tindakan anarkis.

“Ya orang berkumpul itu kan selama dalam demokrasi ya boleh-boleh saja, yang penting tidak menimbulkan kegaduhan, anarkis. Kalau orang silahturahim, berkumpul, boleh saja,” katanya.

Sebelumnya, PA 212 menyatakan bakal menggelar reuni akbar alumni 212 di Monas pada 2 Desember 2019. Ketum PA 212 Slamet Maarif menuturkan acara tersebut telah mengantongi izin dari Gubernur DKI Anies Baswedan.

PA 212 mengklaim satu juta massa akan hadir dalam acara itu. Selain itu, reuni diadakan dalam rangka memperingati hari maulid Nabi Muhammad SAW dan doa bersama untuk keselamatan Imam Besar Rizieq Shihab.

Sumber : cnnindonesia.com