AS Bakal Masukkan Kartel Narkoba Meksiko ke Daftar Teroris

Jakarta, CNN Indonesia — Presiden Amerika Serikat Donald Trump, mengatakan ia berencana untuk menyebut kartel narkoba asal Meksiko sebagai kelompok teroris. Hal itu ia sampaikan dalam sebuah wawancara yang dipublikasikan di situs web.

Dikutip AFP, Rabu (28/11), pekerja media konservatif Bill O’Reilly, menanyakan Trump apakah ia akan menyebut kartel asal Meksiko itu sebagai kelompok teror.

“Apakah Anda akan menyebut kartel-kartel di Meksiko itu sebagai kelompok teror dan mulai menembaknya dengan pesawat nirawak?” tanyanya dalam sebuah cuplikan wawancara yang diunggah dalam situs web pribadinya.

“Saya tidak ingin mengatakan bahwa saya akan melakukannya, tetapi mereka akan disebut [sebagai kelompok teror]. Saya pasti akan menyebut mereka. Saya telah mengerjakan hal itu selama 90 hari terakhir. Pemberian sebutan bukanlah hal yang mudah, Anda harus melalui sebuah proses dan kita berada dalam proses itu,” kata Trump.

Pernyataannya disampaikan setelah ia menyerukan ‘perang’ dengan beberapa kartel setelah kasus penembakan terhadap di utara Meksiko yang menewaskan sembilan wanita dan anak-anak dari komunitas Mormon pada awal November lalu.

Rencana pemberian label itu kemudian ditanggapi oleh Kementerian Luar Negeri Meksiko dengan menghubungi pejabat AS agar dapat memahami makna dan cakupan dari pernyataan Trump.

Otoritas Meksiko menambahkan dalam pernyataan resmi bahwa pihaknya akan melakukan beberapa hal, di antaranya akan “mengadakan pertemuan tingkat tinggi secepat mungkin untuk menyatakan posisi Meksiko dan mendengarkan pernyataan dari sudut pandang AS”.

Sumber : cnnindonesia.com