Flu Tak Mempan dengan Amoksisilin, Begini Cara Tepat Mengobatinya

LIGAPEDIA – Salah satu penyakit langganan musim hujan adalah flu atau influenza. Berbeda dengan batuk pilek, influenza lebih berisiko mengancam nyawa jika tidak ditangani dengan benar.

Penyebab utama flu adalah virus bukan bakteri seperti pada pilek alias common cold. Meski virusnya sendiri tak bisa diobati, flu bisa diatasi dengan mengobati gejalanya. Misal jika ada keluhan sakit kepala, maka yang diobati adalah sakit kepalanya.

“Flu itu nggak ada obatnya, daya tahan tubuh yang diperbaiki. Kemudian kalau yang diperbaiki misalnya kita pusing ya sudah ambil obat pusing. Jadi ambil obat-obatan simtomatik yang mengobati gejala yang utamanya yaitu mengobati daya tahan tubuh,” kata Prof dr Cissy B Kartasasmita, SpA(K), MSc, PhD. Ketua Indonesia Influenza Foundation (IIF) kepada detikcom, Senin (25/11/2019).

Senada dengan Prof Cissy, berikut tips mencegah influenza yang disampaikan oleh Prof Dr dr Iris Rengganis, SpPD, K-AI, FINASIM – Ketua Perhimpunan Alergi-Imunologi Indonesia.

1. Pakai Masker

Saat memakai masker kemudian batuk dan bersin kemungkinan untuk menularkan pada orang lain sangat kecil. Selain itu saat tidak flu juga pakailah masker agar terjaga dari virus-virus influenza yang penyebarannya melalui udara.

2. Cuci tangan yang bersih

Mencuci tangan setelah melakukan serangkaian aktivitas baiknya dilakukan secara rutin. Hal ini berguna untuk mengurangi risiko penularan virusnya. Cucilah tangan dengan air mengalir atau kalau perlu dengan tambahan alcohol agar lebih steril.

3. Vaksinasi

Bagian terpenting dalam pencegahan influenza adalah vaksinasi. Selain dianggap penting, vaksinasi pada influenza dinilai efektif, murah dan hampir tidak ada efek samping. Vaksinasi yang dianjurkan adalah setiap satu tahun sekali. hal ini dikarenakan regenarasi jenis virus baru influenza biasanya berubah setiap tahun.

SUMBER : Detik.com