Makan Siang Sendiri Diklaim Bisa Bikin Kerja Lebih Produktif

Jakarta – Kebanyakan orang umumnya akan dipandang menyedihkan ketika makan siang di meja sendirian.

Tetapi baru-baru ini Wall Street Journal menyoroti penelitian yang menunjukkan bahwa karyawan merasa lebih baik ketika bekerja atau makan sendirian daripada beramai-ramai.

Penelitian yang dibuat oleh Rottman School of Management ini menganalisis bagaimana 103 karyawan menghabiskan waktu makan siang mereka.

Seperti melansir dari CNBC, Rabu (6/11/2019), kesimpulan dari penelitian tersebut adalah karyawan yang menyelesaikan makan siang sendiri merasa lebih santai. Walaupun biasanya karyawan yang makan sendiri dilakukan sekaligus melanjutkan pekerjaan.

Sementara karyawan yang memilih untuk bersosialisasi selama istirahat merasa sedikit lebih lelah. Namun sejauh ini situasi yang paling menguras energi adalah ketika para karyawan harus berpartisipasi dalam makan siang bersama.

Walaupun makan sendiri membuat lebih produktif, mengambil jeda dari melakukan pekerjaan adalah cara yang tepat untuk tetap fokus.

Menurut penelitian, bekerja tanpa henti selama 90 hingga 120 menit dengan istirahat 20 hingga 30 menit adalah waktu yang ideal untuk mempertahankan fokus dan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik dan efisien.

Bill Gates dan Ray Dalio sempat mengatakan bahwa meditasi beberapa menit sehari dapat meningkatkan kreativitas, pengambilan keputusan, dan fokus menjadi lebih baik.

Para pemimpin bisnis mengaku lebih suka menghabiskan waktu sendirian dengan cara yang lebih aktif. Meskipun tidak semua orang menyukai kesendirian, hal tersebut dapat menjadi kunci untuk pandai mengatur waktu dan menyesuaikan suasana hati.

Sumber : liputan6.com