Bikin Heran, Pejabat Ganti Ban Mobil 34 Kali Selama 30 Bulan

New Delhi – Mengganti ban mobil merupakan perawatan rutin agar daya cengkeram maksimal. Namun pejabat di India, membuat heran warganya sebab doyan mengganti ban mobil dinasnya.

Mengutip dari newindianexpress, Sabtu (9/11/2019) Menteri Energi Kerala, India, M. M. Mani didapati mengganti mobil dinasnya Innova Crysta sebanyak 34 kali dalam kurun waktu 30 bulan.

Kejadian tersebut terungkap saat salah seorang warga Ernakulam, India meminta transparansi tentang penggunaan anggaran yang dikeluarkan negara.

Biaya yang dikeluarkan untuk mengganti ban mobil menteri tersebut berkisar Rp 67 jutaan. Dengan harga ban berkisar 10 ribu hingga 13 ribu rupee (sekitar Rp 1,9 – Rp 2,5 jutaan.

Dalam laman akun resmi di Facebook, Mani mengklarifikasi bahwa penggantian ban memang sesuai kebutuhan. Sebab mobil Innova Crysta moliknya sudah menempuh jarak lebih dari 124 ribu kilometer.

Ia menambahkan kondisi jalan yang dilalui juga berpengaruh, sebab jalan yang dilalui perbukitan serta ditempuh dengan kecepatan tinggi. Berkaitan dengan hal tersebut ia juga menepis anggapan mengambil untung dari pergantian ban.

Sumber : detik.com