Hipertensi di DKI Didominasi Usia Produktif, Cegah dengan Diet Ini

LIGAPEDIA – Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, 34 persen penduduk DKI Jakarta mengalami risiko hipertensi baik ringan maupun berat. Kalangan usia muda bahkan mendominasi, bukan hanya usia lanjut.

Hipertensi merupakan kondisi di mana tekanan darahmu lebih tinggi dari tekanan darah normal, yakni 120/80. Mencegah hipertensi bisa dilakukan dengan banyak cara, namun umumnya dokter akan merekomendasikan diet DASH.

Apa itu diet DASH? DASH merupakan singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension atau diet untuk menyembuhkan hipertensi. Diet ini dipercaya dapat mencegah hipertensi dan mengurangi risikonya dengan hanya pendekatan mudah, menurut situs WebMD.

Diet DASH sangat mudah dilakukan, yakni hanya dengan memakan lebih banyak sayuran, buah-buahan, produk susu rendah-lemak, hindari makanan dengan lemak jenuh, kolesterol, dan lemak trans yang tinggi seperti junk food, makan biji-bijian, ikan, daging ayam, dan kacang-kacangan, serta membatasi konsumsi sodium, minuman manis, dan juga daging merah.

“Dalam beberapa studi dan riset, pelaku diet DASH bisa menurunkan tekanan darah tinggi mereka hanya dalam 2 minggu,” tulis situs tersebut.

Apakah kamu salah satu yang terkena hipertensi atau ingin mencegah hipertensi? Berikut adalah saran untuk memulai diet DASH yang mudah:

  1. Lebihkan porsi sayuran saat makan siang dan makan malam
  2. Lebihkan porsi asupan buah sebagai cemilan atau saat makan. Namun jangan gunakan buah kalengan
  3. Hanya gunakan bahan-bahan makanan (seperti mentega, margarin) yang bebas atau rendah lemak
  4. Jika kamu meminum susu, pilihlah susu skim atau rendah lemak
  5. Batasi asupan dagin merah hanya sekitar 170 gram dalam sehari
  6. Perhatikan cemilanmu, ganti dengan kacang-kacangan seperti kacang tanah tanpa garam, kismis, yogurt rendah lemak, popcorn tanpa bumbu atau sayuran rebus mentah
  7. Biasakan membaca label makanan dan pilih makanan yang rendah sodium

SUMBER : Detik.com

Leave a Reply