Supercar Mirip Lamborghini Terbuat dari Sampah

Pada pameran otomotif dua tahun sekali, Tokyo Motor Show 2019, banyak pabrikan otomotif bernama besar mengikuti ajang tersebut. Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh para pabrikan mulai mengenalkan produk baru hingga soal penjualan.

Tapi ada yang menarik di antara mobil-mobil unik nan canggih yang ada pada Tokyo Motor Show. Sebuah supercar bukan Lamborghini ataupun Honda NSX, tapi modelnya mirip.

Seperti namanya, Nano Cellulose Vehicle (NCV) terbuat dari cellulose nanofibers. Komponen itu adalah material berteknologi tinggi yang terbuat dari tanaman daur ulang atau limbah pertanian.

Bobot Kendaraan Lebih Ringan

Bukan Terbuat dari Fiber, Supercar Mirip Lamborghini Terbuat dari Sampah

Bobot Kendaraan Lebih Ringan

Material tersebut dipakai untuk membuat panel bodi, pintu, convertible, dan kap mesin. Melansir Zing, material tersebut membuat NCV 50 persen lebih ringan ketimbang fiber biasa. Sehingga bisa mengurangi 10 persen beban kendaraan.

NCV dikembangkan oleh 22 universitas, institusi riset, dan supplier, dengan dukungan Kementerian Lingkungan Jepang. Selain itu, struktur bodinya menunjukkan desain yang mengesankan, berbentuk seperti supercar bersasis rendah.

Garis desain geometrisnya tegas, lampu depan tajam, dan lampu belakang yang menarik. Pintunya dibuka ke atas ala-ala supercar mewah.

Berlapis Kain Kimono

Bukan Terbuat dari Fiber, Supercar Mirip Lamborghini Terbuat dari Sampah

Berlapis Kain Kimono

Interior mobilnya tidak canggih, tapi elegan yang dikombinasikan dengan beberapa elemen desain khas Jepang yang unik. Kursinya dilapisi kain kimono, sementara dasbornya minimalis dengan motif bunga di beberapa bagian.

Hanya saja, tidak bisa dipastikan apakah mobil tersebut memiliki sistem mekanis di bawah struktur bodinya yang menarik. Pihak NCV juga tak memberikan informasi spesifikasi supercar ini.


Leave a Reply